Kesalahan Strategi Investasi Dalam Hal Asuransi (Studi Kasus PT Asuransi Jiwasraya)

Authors

  • Agustinus Sulistyo Prawoto Institut Teknologi Bisnis Global, Tangerang Author

Keywords:

investation analisys, qualitative methods

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab tidak terpenuhinya manfaat asuransi jiwa pembayaran klaim terhadap nasabah di PT. Asuransi Jiwasraya dalam perspektif bisnis yang  berlaku di Indonesia dan upaya yang dilakukan PT. Asuransi Jiwasraya di akhir pembayaran manfaat asuransi jiwa. Hasil Penelitian ini menggunakan penelitian studi kualitatif metode studi literatur dimana PT. Asuransi Jiwasraya menunjukkan tidak bisa memenuhi manfaat nasabahnya, bahwa PT. Asuransi Jiwasraya wanprestasi terhadap perjanjian kebijakan yang telah dibuat dan disepakati oleh PT. Asuransi Jiwasraya dengan para nasabah.

Akibat dari kecerobohan, kurang hati-hati manajemen dan jabatan structural di PT. Asuransi Jiwasraya dalam menginvestasikan uang nasabah pada perusahaan lain yang tidak bonafit mengakibatkan nasabah gagal mendapatkan manfaatnya. Tanggung jawab yang diemban oleh PT. Asuransi Jiwasraya disesuai dengan kesepakatan  PT. Asuransi Jiwasraya dengan nasabah bahwa apabila ada perselisihan, maka penyelesaiannya dilakukan melalui musyawarah, mediasi, pelaporan kepada OJK. Upaya penyelesaian tidak berhasil mengakibatkan musyawarah, mediasi gagal dan tidak ada sanksi administrative yang dikenakan oleh OJK kepada PT. Asuransi Jiwasraya dan juga tidak terdapat tuntutan wanprestasi dari pengadilan. Tidak ada penyelesaian sengketa yang tertuang dalam perjanjian kebijakan yang dibawanya hasil untuk mendapatkan manfaat pelanggan. Sebaiknya jika PT.Asuransi Jiwasraya tidak bisa membayar manfaatnya secara langsung, bisa dilakukan pembayaran secara bertahap.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Kesalahan Strategi Investasi Dalam Hal Asuransi (Studi Kasus PT Asuransi Jiwasraya). (2024). Journal of Social Science Management, 1(02). https://jurnal.ruangpikirindonesia.org/index.php/jssm/article/view/17

Most read articles by the same author(s)